Sejarah dan Manfaat Olahraga Berkuda - GADIZA

Sejarah dan Manfaat Olahraga Berkuda

1 tahun yang lalu      FASHION

 

“Mukmin yang kuat lebih baik dan lebih Allah cintai daripada mukmin yang lemah…”
-HR Muslim-

Dalam rangka menciptakan kondisi fisik yang senantiasa sehat dan kuat, salah satu cara yang perlu kita lakukan adalah dengan berolahraga. Dengan melakukannya secara rutin, ada banyak manfaat yang akan dapat dirasakan oleh tubuh, seperti badan yang terasa lebih segar, daya tahan yang meningkat, mengurangi kadar kolesterol dan berat badan berlebih, hingga menurunkan kadar stres dan membuat perasaan menjadi bahagia.

Nah, dari sekian banyak jenis aktivitas fisik ini, olahraga berkuda menjadi semakin banyak digemari. Untuk kawasan Indonesia sendiri khususnya, tren ini menjadi kian meningkat karena semakin banyaknya kesadaran masyarakat tentang berbagai manfaat olahraga ini. Bahkan, berkuda adalah satu dari tiga jenis olahraga yang merupakan sunnah Rasulullah SAW.

Sejarah Berkuda

Menurut catatan sejarah dunia, kegiatan pacuan alias balap kuda sudah dipraktikkan di kalangan masyarakat Yunani kuno, Babel, Syria, dan Mesir. Seiring dengan berjalannya waktu, berkuda lantas mendapatkan tempat tersendiri di hati golongan bangsawan dan ningrat. Tidak heran, bukan, jika kemudian hingga hari ini pun, olahraga berkuda kerap diidentikkan sebagai hobi kaum elite?

Ketika memasuki era Renaissance, semakin banyak para bangsawan yang memperdalam hobi menunggangi kuda ini di sekolah-sekolah khusus berkuda yang besar di dataran Eropa. Adapun sekolah berkuda pertama yang didirikan berada di Italia pada tahun 1532 oleh Fredrico Gisone. Bertahap, bangsawan Inggris dan Perancis pun mengikuti kegiatan ini dan terus berkembang ke dataran yang lainnya. Sama seperti kisah Ertugrul yang gemar mengendarai kuda, karena pada zaman tersebut kuda merupakan transportasi utama.

Sementara itu dalam catatan sejarah Islam sendiri, berkuda juga sudah menjadi kegiatan yang tidak asing dilakukan para Nabi, terutama Nabi Muhammad SAW. Bahkan, kisah tentang kuda dan berkuda pun telah diabadikan dalam ayat-ayat Alquran maupun hadis.

Manfaat Berkuda

Di samping memanah dan berenang, berkuda merupakan olahraga sunnah Rasulullah. Lantas, apa saja manfaat atau keutamaan berkuda sehingga kegiatan ini sampai menjadi sebuah sunnah?

  •      Meningkatkan dan menjaga stamina

Saat berkuda, ada teknik unik yang harus dilakukan. Betis dan lutut menjadi kunci dalam pegangan. Hal ini saja sudah akan sangat menguras tenaga, apalagi jika harus menunggangi dan mengendalikan kuda yang tengah berlari.

Selain itu, ada banyak benefit lain berkuda dalam kesehatan. Menurut penelitian, berkuda juga memperlancar peredaran darah, membantu mengatasi wasir, memperkuat otot, mengatasi kram otot, memperkuat tulang sendi, dan lain-lain.

  •      Melatih keseimbangan dan konsetrasi

Selain fisik yang kuat, Anda juga membutuhkan konsentrasi tinggi agar dapat menjaga keseimbangan di atas punggung kuda. Ada banyak koordinasi yang melibatkan fisik dan pikiran sehingga ritme berjalan atau berlarinya kuda tetap terjaga.

Tidak sedikit para pemula yang gagal pada beberapa percobaan pertama menunggangi kuda. Namun dengan latihan yang intensif sehingga terasah hati dan fisiknya, berkuda akan menjadi kegiatan berolahraga yang semakin menyenangkan.

Selain berkuda, Anda pun tetap boleh melakukan olahraga lain sekalipun bukan jenis yang termasuk sunnah Rasul. Selama kegiatan tersebut tidak menyakiti diri sendiri atau orang lain dan membuka aurat, maka sah-sah saja untuk melakukannya.

Kami menyediakan berbagai pilihan fashion busana muslim terkini yang dapat membantu Anda untuk senantiasa menjaga aurat dalam berbagai kegiatan Dengan harga terbaik dan jaminan kualitas, beraktvivitas pun akan menjadi lebih aman dan nyaman.

 



Artikel Terkait



Komentar Artikel "Sejarah dan Manfaat Olahraga Berkuda"