Mimpi Indonesia sebagai Kiblat Fashion Muslim Dunia - GADIZA

Mimpi Indonesia sebagai Kiblat Fashion Muslim Dunia

10 bulan yang lalu      FASHION

Gadiza.co.id – Gong pertumbuhan Industri Fashion Muslim beberapa waktu ini kian terdengar lantang. Fashion Muslim di Indonesia terus melakukan perubahan yang besar dari gaya pembawaan konservatif yang melangkah menuju kontemporer dengan tampilan yang berjiwa muda.

Fenomena ini tidak lepas dengan berbagai faktor yang menunjang muslim fashion terus berkembang. Saat ini dari segmentasi customer, sudah banyak yang secara sukarela atau hanya untuk kesenangan belaka berlomba mendirikan Hijab Community, Hijaber Mom sampai menjadikan Hijab sebagai salah satu dress code untuk salah satu acara tertentu. Tentunya Sahabat Gadiza juga sudah sering melihat berbagai peragaan busana khusus Fashion Muslim.

Berbagai hal positif juga sudah terlihat di berbagai aspek kehidupan saat ini. Jika dulu penggunaan Hijab biasa digunakan wanita yang sudah berumur, saat ini para penggemar dan penggunannya juga datang dari kalangan anak muda. Hal ini bisa tercapai karena gencarnya publikasi dan edukasi yang tersirat dalam setiap promosi yang mengatakan bahwa berhijab tetap bisa tampil fashionable dan modis. Saat ini juga tersedia berbagai macam variasi hijab yang bisa dikenakan sesuai kreatifitas serta kesukaan Sahabat Gadiza bukan.

Terdapat survey dan fakta dari Dirjen Industri Kecil Menengah (IKM) Kementrian Perindustrian, Euis Saidah saat ini terdapat tak kurang dari 20 juta penduduk di Indonesia telah menggunakan hijab. Fakta ini merupakan salah satu faktor perkembangan Industri Fashion Muslim di Indonesia, yang tiap tahunnya naik pada angka 7%.

Maka bukanlah hal yang tabu kalau banyak pengusaha serta desainer di Indonesia ingin mengembangkan ranah bisnis ini ke arah yang lebih global, yaitu dunia Internasional. Pergerakkan inj bukan hal yang tidak mungkin dilakukan, menurut data dan fakta di lapangan sebuah terlihat sangat positif dan dia juga menambahkan pertumbuhan masyarakat menengah itu selalu tumbuh sebesar 7% tiap tahunnya.

Jika di analogikan masyarakat yang sanggup membelanjakan uangnya ke mal-mal besar adalah kaum kelas menengah keatas maka pertumbuhan kaum menengah ke atas akan setara dengan kemampuan untuk membeli barang-barang tersebut. Jika Fashion Muslim di Indonesia mampu masuk ke pasar mereka maka secara tidak langsung akan ditunjang pula pertumbuhan industry yang bersangkutan. Terdapat fakta unik yang bersumber dari pemerintah yakni, terdapat 750ribu IKM yang saat ini terdaftar di Indonesia, 30 persennya merupakan industri yang bergerak di bidang fashion muslim. Jika kedua hal ini terus saling mendukung maka tidak mungkin tidak IKM Fashion muslim akan turut naik daun. Tentunya ekonomi di Indonesia juga turut terangkat.

 

 Baca sebelumnya: Modest Fashion Summit

 

 



Artikel Terkait



Komentar Artikel "Mimpi Indonesia sebagai Kiblat Fashion Muslim Dunia"