Mendidik anak berdasar fitrahnya - GADIZA

Mendidik anak berdasar fitrahnya

7 bulan yang lalu      FASHION

Gadiza.co.id – Pendidikan berupakan bagian yang penting bagi anak-anak, tentunya para orang tua wajib memperhatikan dengan baik aspek satu ini. Salah satu faktor penting untuk menjamin masa depan anak adalah Pendidikan. Agar sang buah hati memiliki masa depan yang cerah maka para orang tua akan lebih selektif terhadap memilih sekolah yang terbaik bagi anaknya. Masuk ke sekolah yang terbaik tentu bukan perkara mudah, butuh usaha dari kedua belah pihak yaitu orang tua dan juga anak. Visi yang dirancang biasanya para orang tua mulai mendaftarkan anak mereka ke berbagai Lembaga belajar tambahan untuk menunjang prestasi akademik sang anak di sekolah.

Namun, ada hal harus di garis bawahi pada dasarnya Pendidikan terbaik adalah rumah dan yang menjadi guru terbaik mereka di rumah adalah orang tua mereka sendiri terutama sang Ibu. Ibu merupakan guru pertama bagi anak dan merupakan salah satu sekolah pertama yang mereka ikuti di dunia. Jadi mau dimanapun anak anda disekolahkan, mau sebaik apa sekolah tersebut semua akan kembali kerumah, bagaimana tata cara anak tersebut di didik, memberikan contoh syuri tauladan yang baik dan penanaman nilai-nilai baik sejak dini.

Fitrah sendiri memiliki arti sebagai perangai, tabiat, kejadian, asli, agama, ciptaan. Dapat diartikan perangai dan bakatnya, berpendidikan sesuai dengan tabiatnya. Setiap anak memiliki keunikan sendiri-sendiri sama halnya dengan orang tua pasti memiliki cara untuk mengajar dan mendidik anak mereka. Apa saja fitrah yang dimiliki oleh anak?

Terdapat delapan jenis fitrah yaitu, fitrah keimanan, fitrah fisik dan indra, fitrah seksualitas dan cinta, fitrah estetika dan Bahasa, fitrah belajar dan bernalar,fitrah individual dan sosial serta fitrah perkembangan. Dari semua fitrah yang disebutkan tadi diharapkan orang tua dapat mengajarkan semua aspek fitrah tadi. Ampuhnya fitrah tersebut dapat dikembangkan Bersama para orang tua dirumah.

Fitrah dapat diajarkan dirumah tanpa harus mengganggu aktivitas orang tua, karena pembelajaran yang baik adalah pembelajaran yang dilakukan saat melakukan aktivitas tertentu bersama. Seperti disaat orang tua dan anak sedang belanja, memasak, ibadah atau berlibur.

Salah satu contoh penanaman fitrah yang bisa dilakukan dirumah adalah, ketika Ibu memasak untuk hidangan makan malam. Sang anak dengan lugu akan bertanya ini itu dan tentunya ingin berpartisipasi melakukan apa yang ibunya juga lakukan. Tindakan yang tepat dalam kasus ini adalah mempersilahkan sang anak untuk ikut melakukan aktivitas tersebut, jadikan mereka dalam bagian nyata kegiatan tersebut. Dengan kata lain beri dia kesempatan untuk melatih fitrahnya. Berika tugas mudah seperti menyaring sayuran, memotong kentang tipis-tipis dan lain sebagainya menurut kompetensi sang anak. Namun tetap jaga anak anda terhadap aksi yang berbahaya, usahakan dia melakukan aktivitas yang aman. Dengan turut berpartisipasi dalam memasak nantinya anak anda akan melatih fitrah belajar dan fitrah bakat.

Baca sebelumnya: Muslim Fashion Festival Jawa Timur

 



Artikel Terkait



Komentar Artikel "Mendidik anak berdasar fitrahnya"