Hoda Katebi Ikon Muslim AS - GADIZA

Hoda Katebi Ikon Muslim AS

11 bulan yang lalu      FASHION

“ Memang harus ada yang bisa mengatakan kebenaran… “

Gadiza.co.id – Di Amerika Serikat terdapat wanita yang memiliki darah keturunan Iran, dia bertempat tinggal di Chicago yang merupakan pemilik blog fashion muslim etnis dan anti kapitalis bernama JooJoo Azad. Pada setiap kutipan blognya sangatlah penting dalam dunia Fashion Muslim di Amerika terlebih didalam kondisi saat ini presiden AS yang sedang gencar melarang bahkan memblokir penduduk dari golongan mayoritas muslim berlabuh ke Amerika Serikat.

Dilansir dari salah satu media ternama AS, New York Times. Hoda katebi yang memiliki latar belakang muslim keturunan Iran dan menggunakan Hijab merupakan bagian dari Amerika. Dengan kreatif dia menciptakan komunitas yang mewadahi dalam permasalahan seperti ini. JooJoo Azad adalah instrument Katebi untuk melakukan itu semua, masyarakat luas sudah tahu bahwa muslim di AS merupakan minoritas. Gerakan yang dilakukan Katebi merupakan salah satu gerakan yang bisa dibilang berani dan patut di ajungi jempol.

  1. Blognya (JooJoo Azad) dijadikan tempat menyuarakan unek-unek secara tulisan dan visual.

Kata-kata yang pertama kali kamu temukan jika merujuk situs JooJoo Azad “Burung yang bebas” kata tersebut menjadi arti kata dari Joo Joo Azad. Tentunya itu bukan sekedar nama namun memiliki arti yang dalam yaitu Katebi ingin memberi tahu kepada dunia terutama Amerika Serikat dia berhak melakukan apapun termasuk mengenakan hijab. Dia juga menyinggung pemerintahan saat ini terlalu orientalis termasuk media Amerika saat ini.

 

  1. Salah satu situs yang mampu merebut kembali identitas muslim di Amerika

Blog tersebut juga sering menceritakan mengenai pengalaman peribadinya. Dari cerita sejak kapan dia berhijab sampai bagaimana dia mampu bertahan dengan gaya yang tetap berhijab seperti saat ini. Berbagai karya fashion muslim miliknya pun sekarang sering diunggah di media online, cetak sampai radio. Hal yang sangat mencolok dari produknya adalah bagaimana dia mampu mengeksplorasi mode dan keadilan sosial menentang orientalis serta mendobrak standar kecantikan dunia.

 

  1. Berhasil menunjukan bagaimana seharusnya wanita Muslim Amerika dipandang

Lewat tangan kreatifnya dia pun menggambarkan kepada dunia bahwa sosok dirinya tidak seperti yang diberitakan “tidak benar”. Tidak hanya tampil cantik dan menarik brand fashion yang dijunjung dia mengubah paradigma dia tentang wanita  muslim di Amerika. Sejatinya orang muslim juga orang Amerika.

 

  1. Mendirikan blog fashion anti-kapitalis, dia juga merambah bisnis fashion

Katebi juga sangat sedih dan memberi perhatian kepada buruh garmen yang masih di eksploitasi. Tidak hanya moral yang dijunjung dalam setiap riset dan produksi. Namun juga tanggung jawab kepada orang lain yang memproduksinya.

 

  1. Membawa perubahan bagi wanita di Amerika Serikat

Gerakan yang sangat berani ini mampu mendobrak pandangan negatif mengenai amerika yang seakan memandang sebelah mata warga muslim wanita yang menggunakan hijab. Dengan suara lantang yang dikatakan tidak sedikit pihak yang melirik memperhitungakan mengenai pemikiran katebi. Bahwa setiap orang yang memiliki agama bisa mengutarakan agamanya dalam bentuk apapapun.

 Baca juga: Baju Muslim nyaman tanpa rempong saat berlibur

 



Artikel Terkait



Komentar Artikel "Hoda Katebi Ikon Muslim AS"