Fakta mengenai Ms Marvel Super Hero muslim karya Marvel - GADIZA

Fakta mengenai Ms Marvel Super Hero muslim karya Marvel

11 bulan yang lalu      Sosok Inspiratif

Gadiza.co.id – Melakukan debutnya pada Februari 2014 silam, karakter Ms. Marvel telah mendapatkan banyak apresiasi dan komentar positif dari berbagai para perempuan kaum minoritas. Kenapa demikian? Perlu diketahui Ms. Marvel merupakan alter ego dari Kamala Khan yang berbeda dari superhero kebanyakan. Ms. Marvel merupakan gadis remaja yang berumur 16 tahun, dan memiliki latar belakang keturunan imigran Pakistan beragama Islam dan tinggal di New Jersey, Amerika Serikat.

Penggambaran Kamala Khan awalnya hanya seorang gadis remaja biasa yang gemar membaca komik dan pecinta karakter super pada jagat Marvel Universe. Karakter yang paling sukainya adalah Carol Denvers yang tidak lain adalah Captain Marvel. Ketika kekuatan dalam dirinya bangkit mau tidak mau Kamala harus terjun untuk membasmi kejahatan. Ketika dia terjun untuk menjadi seorang pahlawan dia menggunakan alias yang hampir sama dengan Carol Denvers. Karya ini merupakan karakter muslim pertama yang menjadi Tokoh Utama di komik Marvel.

“So Much Win for Diversity and Minority representation”

Jika ditengok lebih dalam cerita yang diangkat dari komik Ms. Marvel cukup unik. Cerita yang diusung adalah remaja yang menjalani kesehariannya dengan identitas yang kompleks. Hal yang sering dihadapi adalah bagaimana dia menghadapi stereotip dan prasangka terhadap warna kulit yang dimilikinya. Namun dia digambarkan sebagai remaja yang penuh semangat yang terkadang sembrono ya mirip sekali sewaktu dijaman Sahabat Gadiza muda kan.

Berita gembiranya, beberapa waktu lalu Kevin Fiege selaku Presiden Marvel Cinematic Universe akan merencanakan pembuatan film Ms. Marvel. Namun sampai saat ini belum ada informasi yang mendetil mengenai informasi ini. Hanya saya beliau sempat menegaskan bahwa film ini akan tayang setelah film Captain Marvel yang diperankan Brie Larson rilis.

Ingin tau fakta menarik seputar Ms. Marvel yang cukup menarik untuk disimak.

  1. Karya dari Wanita Muslim

Merupakan karya dari Sana Amanat yang merupakan salah satu editor Marvel. Sana pernah bercerita mengenai pengalamannya tumbuh sebagai muslim di Amerika dari pengalaman tersebut muncul ide membuat karakter berlatar Muslim-American dengan sudut pandang yang autentik.

 

  1. Menceritakan tentang pencarian jati diri

Kehidupan mengenai kaum muslim sangat kental di keluarga Kamala. Namun para editor membantah komik ini tidak ditujukan untuk meyiarkan agama, lebih kepada pencarian jati diri seorang gadis muda yang lebih universal. Dalam ceritanya banyak pernak-pernik yang sangat patut ditunggu, kakak dan Ibu Kamala merupakan sosok yang religius. Sedangkan ayahnya menginginkan dirinya untuk menjadi seorang dokter.

 

  1. Tidak memiliki relasi dengan Carol Danvers/Captain Marvel

Walaupun memiliki nama yang hampir mirip kamala dan carol tidak memiliki relasi. Kamala yang sejatinya merupakan gadis remaja yang mengidolakan Captain Marvel. Pada setiap aksinya dia menyebut dirinya sebagai Ms. Marvel karena kecintaannya terhadap sosok Carol. Disuatu ketika mereka bertemu dan Carol bertugas untuk menjadi mentor Kamala.

 

  1. Memiliki kekuatan Shapeshifting

Jika Captain Marvel bisa terbang, memiliki power yang luar biasa serta menembakan energi. Sementara Ms. Marvel memiliki kemampuan Shapeshifting, dengan kekuatannya ini Kamala mampu memanipulasi dirinya untuk menjadi kecil atau besar sampai merubah bentuk fisiknya kedalam bentuk apapun. Satu lagi karakter ini juga memiliki kekuatan regenerasi yang cukup baik.

 

  1. Merupakan Inhumans

Kebanyakan dari manusia super di Marvel merupakan mutant, namun berbeda dengan Ms. Marvel. Kamala memiliki darah keturunan Inhumans, yang merupakan ras manusia super yang tinggal di bulan.

 

  1. Kostum terinspirasi dari budaya Pakistan

Memiliki kostum yang unik. Kostum unik Ms Marvel diadaptasi dari pakaian nasional Pakistan. Biasanya disebut shalwar kamezz yang bercirikan celana beggy dan baju Panjang.

 

  1. Memiliki Obesesi besar terhadap pahlawan super

Seperti para khalayak pecinta komik superhero lainnya, Kamala juga seorang fan girl para super hero. Cerita yang unik adalah dia pernah menuliskan fan ficton tentang Wolverine dan Storm, dan menceritakan hal tersebut kepada Wolverine ketika saling bertatap muka.

 

  1. Anggota Avengers termuda

Kamala juga berjuang disamping Tony Stark, Steve Rogers, Thor dan Spiderman. Sudah tidak sabar bukan menantikan penampilan perdana Kamala di Marvel Cinematic Universe.

 

  1. Penggemar Barrack Obama

Pada tahun 2016 Sana sang editor pernah menghadiri undangan untuk perkenalan bagi Presiden AS saat itu yaitu Barrack Obama. Pada kesempatan sebelumnya Amanat sempat memberikan komis Ms. Marvel kepada Obama, dan diberikan pujian yang sangat positif.

 

  1. Disambut hangat oleh para aktor keturunan Asia Selatan

Riz Ahmed merupakan actor inggris keturunan timur tengah yang sangat senang film Ms. Marvel akan di produksi. Dengan girangnya dia juga turut merekomendasikan actor yang cocok untuk menjadi pemeran Ms. Marvel.

 

Baca Juga: Hoda Katebi Ikon Muslim AS

 

 




Komentar Artikel "Fakta mengenai Ms Marvel Super Hero muslim karya Marvel"