Ekspresi mujarab yang wajib didengarkan anak - GADIZA

Ekspresi mujarab yang wajib didengarkan anak

1 bulan yang lalu      FASHION

Gadiza.co.id – Tahukah Sahabat Gadiza bahwa menggunakan komunikasi yang baik akan membentuk kepribadian buah hati anda lebih baik di masa datang. Jika anak sudah terbiasa mendengar kata-kata kotor dan perbuatan kasar, secara tidak langsung anak itu akan meniru dan mengaplikasikannya di kehidupan mereka. Maka dari itu peran lingkungan dan orang tua disini sangatlah vital. Pernahkah Sahabat melihat anak yang mudah marah dan mengeluarkan kata-kata tidak senonoh di kehidupan anda, atau terdapat di salah satu lingkungan anak anda. Hal ini tidak terlepas dari replika yang ditunjukan didalam kehidupan di rumah terutama mungkin sifat dan kelakuan orang tua dirumah. Sedangkan anak yang terbiasa dengan kalimat yang bernada positif, seperti pujian, motivasi dari lingkungannya tinggal secara perlahan akan menyerap kata-kata tersebut dalam benak dan membangun karakternya kelak.

Bagi bunda yang baik saat ini mari gunakan Bahasa dan kalimat yang baik untuk mendidik anak kita. Buah hati kita memerlukan asupan energi positif dari setiap kalimat verbal yang kita lontarkan kepada mereka. Asupan ini tidak hanya dilakukan sekali dua kali namun harus dilakukan dalam kehidupan sehari-hari yang bisa dibilang stimulan yang wajib dilakukan setiap saat. Hal ini diharapkan bahwa sang anak tidak selalu memiliki pemikiran yang negatif dan berburuk sangka kepada orang lain.

Maka dari itu kami dari Gadiza akan memberikan beberapa perlakuan verbal yang sangat ampuh bagi tumbuh kembang anak anda kelak. Diharapkan buah hati Sahabat Gadiza bisa menjadi manusia yang dewasa dan bijaksana

  1. I’m Sorry

Apakah anda termasuk orang tua yang merasa gengsi untuk meminta maaf kepada anak-anak anda. Sebaiknya hilangkan rasa seperti itu, terkadang orang tua menganggap anak-anak masih kecil dan belum paham terhadap kalimat sebuah permintaan maaf, bagi orang tua sekali lagi jangan pernah memandang remeh kata maaf ya. Sekecil atau seringan apapun kesalahan orang tua terhadap anak, maka secara otomatis anak tersebut layak akan sebuah permintaan maaf. Perilaku sederhana tersebut akan menjadi panduan dan dicontoh oleh buah hati anda. Maka ketika dia sudah berapa di kehidupan bermasyarakat, mereka akan dengan mudah meminta maaf jika berbuat salah.

 

  1. I’m Listening to You

Posisikan anda menjadi pendengar yang baik. Dengarkan semua cerita tentang segala sesuatu yang sudah mereka lalui. Hal yang sedih maupun bahagia, maka suatu saat anak tidak akan segan menjadikan tempat curhat ketika mereka dalam masalah.

 

  1. I’m Proud of You

Memuji anak yang berlebihan memang tidak diperbolehkan, namun jika anda tidak pernah sama sekali malah menjadi berbahaya. Sekecil apapun kebaikan yang dilakukan buah hati anda, pujilah mereka dengan sederhana agar merasa berharga dan semakin memacu diri mereka untuk melakukan hal baik lainnya.

 

  1. I Love You

Kata sayang terlihat sederhana namun berarti besar bagi tumbuh kembang anak. Kalimat ini mampu membuat buah hati anda merasa aman, terlindungi serta nyaman.

 

  1. You Can do it

Bekal terbaik bagi anak untuk mengahadapi hari dan masalahnya adalah motivasi dan kata-kata positif dari orang tua mereka. Hal ini secara tidak langsung akan menumbuhkan sikap percaya diri dan tumbuhnya pikiran positif.

 

  1. This is you responbility

Sebelum mendapatkan hak mereka, ada baiknya para orang tua mengenalkan yang Namanya tanggung jawab. Biarkan mereka menghadapi masalah mereka sendiri, namun tetap dalam arahan orang tua agar tidak melenceng dari koridor kebaikan.

 

  1. I forgive you

Memaafkan merupakan tindakan yang mampu membuat sebuah keluarga menjadi lebih hangat. Di kemudian hari jika di praktekan dengan benar maka keluarga tersebut tidak akan mengenal rasa dendam.

 

Bagaimana Sahabat Gadiza, mulai sekarang mari kita mencoba Bersama-sama untuk menganti kalimat negatif menjadi kalimat positif bagi anak-anak kita. Semoga dengan penerapan kalimat positif tadi anak-anak dapat memiliki keprbadian yang baik.

 

Baca sebelumnya: Mendidik anak berdasar fitrahnya

 



Artikel Terkait



Komentar Artikel "Ekspresi mujarab yang wajib didengarkan anak"