Dilema Indonesia negara muslim paling trendi. - GADIZA

Dilema Indonesia negara muslim paling trendi.

1 tahun yang lalu      FASHION

 

Penduduk Indonesia saat ini tercatat sebanyak 85% penduduknya memeluk agama Islam. Fakta tersebut dapat dibuktikan jika mengunjungi Indonesia, anda akan sering menemui wanita berhijab dimana-mana. Sebagai seorang muslim menutup aurat merupakan kewajiban, di Indonesia hal tersebut juga dibarengi dengan perkembangan busana muslim yang lebih fashionable dan trendi. Perubahan tersebut membuat kesan kuat sederhana dan kalem semakin pudar, gaya berpakaian wanita muslim di Indonesia jadi semakin  penuh warna, stylish dan mampu menunjukan karakteristik yang berbeda-beda. Pesatnya perkembangan fashion muslim di negara ini berhasil mendapata pengakuan dari berbagai negara besar. Banyak negara besar  yang memiliki industri fashion besar seperti korea selatan, amerika serikat, Pakistan memprediksi Indonesia akan menjadi kiblat fashion muslim dunia.

Perubahan zaman membawa revolusi terhadap modernisasi yang sangat besar terhadap berbagai bidang seperti teknologi informasi dan telekomunikasi, maupun fashion. Tanpa disadari hijab juga ikut terpengaruh oleh zaman saat ini. Banyak beranggapan fashion hijab saat ini masuk kedalam masa keemasannya. Hingga saat ini bermacan model serta variasi hijab sering diperagakan dan dipamerkan di event fashion show. Hal ini ditunjukan banyak event fashion show bertema fashion muslim atau hijab sering diadakan.

Tingkat perkembangan yang pesat, membuat dinamika Fashion Muslim di Indonesia digemari oleh negara besar dunia. Negara adidaya seperti Amerika Serikat saat ini mulai menjadikan Indonesia sebagai kiblat gaya fashion muslim mereka. Dalam berbusana muslim Indonesia memang sudah semakin dikenal akan trennya, maka tidak salah jika pada tahun 2020, Indonesia akan berubah menjadi pusat trendsetter busana muslim di dunia.

 

Pencapaian tersebut menjadi kabar baik bagi Indonesia karena berhasil mendapatkan tempat spesial di mata publik dunia. Namun hal tersebut tentunya harus didukung oleh kita selaku penduduk Indonesia, untuk membeli produk busana muslim karya anak bangsa. Disisi lain banyak problematika yang dirasakan oleh wanita muslim Indonesia terutamanya. Saat ini hijab sudah berevolusi menjadi salah satu gaya hidup dan tren fashion, yang ditakutkan oleh kebanyakan orang adalah terdapat pergeseran nilai bagi para kaum wanita. Makin maraknya penggunaan hijab sebenarnya merupakan nilai positif karena ini adalah salah satu bukti meningkatnya kesadaran masyarakat terhadap perintah agama. Namun jika dilihat dari modernisasi kalangan wanita yang saat ini sedang melakukan hijrah dan menutup aurat, sering dikaitkan dengan motivasi mereka untuk menjalankan perintah agama tersebut, maka dari itu sering terjadi pertentangan terhadap fenomena tersebut.

Beberapa fenomena yang sering menghantui salah satu perubahan ini adalah, banyak kaum wanita modern melakukan hijrah untuk menutup aurat tetapi tidak banyak yang masih menganggap dirinya belum pantas. Disisi lain banyak anggapan bahwa gaya hijab saat ini tidak sesuai dengan syariat islam, karena memiliki bentuk, tipe, jenis dan cara pemakaian yang beragam. Permasalahan seperti inilah yang saat ini menjadi topik besar di kehidupan bermasyarakat muslim di Indonesia.



Artikel Terkait



Komentar Artikel "Dilema Indonesia negara muslim paling trendi."