5 bekal utama menjelang Bulan Ramadhan - GADIZA

5 bekal utama menjelang Bulan Ramadhan

1 tahun yang lalu      FASHION

Gadiza.co.id – Marhaban ya Ramadhan tidak terasa beberapa hari lagi sudah menginjak bulan suci Ramadhan. Bagaiamana sahabat Gadiza, apakah sudah menyiapkan segala persiapkan untuk menempuh bulan yang penuh ampunan ini. Bersama tulisan ini kami akan berbagi beberapa bekal wajib yang dapat digunakan ketika menjelang Ramadhan.

 

Barangsiapa yang berpuasa pada bulan Ramadhan karena iman dan mengharap pahala (ridha Allah), maka diampuni dosa-dosanya yang terdahulu (HR. Bukhari).

 

Siapa yang bisa menyangkal kalau bulan Ramadhan merupakan anugerah yang besar bagi umat muslim. Bulan yang datang pada bulan kesembilan di penanggalan Hijriah adalah salah satu nikmat tersendiri. Bagaimana tidak beribu-ribu ampunan dan perilaku baik yang dilakukan di bulan ini akan mendapatkan ganjaran yang berkali-kali lipat. Berpuasa di bulan Ramadhan tidak hanya sekedar menahan lapar dan haus, namun perlu diimbangi dengan bekal intelektual dan knowledge yang cukup matang agar mendapatkan berkah serta manfaat ketika bershaum di bulan Ramadhan.

Diharapkan Sahabat Gadiza saat memasuki bulan Ramadhan ini dalam keadaan paham benar ilmu fikih shaum Ramadhan. Karena disaat menahan lapar dan haus, tiap orang harus mengimbangi kecerdasaan emosional mereka untuk tetap stabil saat menjalani ibadah Ramadhan.

Maka dari itu latihan mengendalikan syahwat harus dilatih sebelum bulan Ramadhan datang. Tidak hanya pikiran, persiapan fisik juga diperlukan untuk menyambut bulan yang penuh berkah ini. Langkah yang tepat tentunya adalah berolahraga dan memilih makanan yang baik untuk kesehatan sahabat gadiza.

 

Ramadhan Kareem

Insya Allah dalam waktu dekat akan tiba bulan Ramadhan. Pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan 5 bekal yang perlu disiapkan menjelang bulan yang penuh berkah.

  1. Mempersiapkan Nurani (Ruhiyah)

 

Pertama adalah persiapan ruhiyah, merupakan salah satu persiapan yang sangatlah wajib menjelang bulan Ramadhan. Salah satu cara untuk mengamalkan syarat satu ini cukup dengan membersihkan penyakit hati. Berbagai macam hal negatif yang seringkali mengganggu ibadah di bulan Ramadhan. Seperti yang dituliskan di surat (Asy-Syams:9) “Dan beruntunglah orang menyucikan jiwanya”

 

  1. Mempersiapkan Ilmu Ramadhan (Ilmiyah)

Ramadhan Sahabat Gadiza, akan semakin lengkap ketika mengamalkan berbagai perintah serta ilmu-ilmu di bulan Ramadhan. Berbagai  sumber sudah banyak menjelaskan ilmu-ilmu mengenai amalan di bulan puasa beserta manfaat dan hikmahnya. Maka dari itu alangkah baiknya Sahabat Gadiza turut serta mengamalkannya seperti, tadarus, i’itikaf di masjid, Shalat Tarawih hingga zakat sebelum memasuki hari raya.

Jika Sahabat Gadiza belum mengetahui apa saja ilmu yang sekiranya bisa diamalkan di bulan Ramadhan. Coba ikuti majelis taklim, browsing di internet mengenai ilmu-ilmu, bertanya kepada ahli. Jadi jangan cuman mencari baju fashion ramadhan koleksi terbaru ya Sahabat Gadiza.

  1. Kekuatan Fisik (Jasadiyah)

Berpuasa penuh selama 30 hari, menuntut Sahabat Gadiza memiliki keadaan tubuh yang prima. Jika pada bulan tersebut Sahabat Gadiza memiliki kondisi fisik yang kuat, insya Allah puasanya akan lancar tanpa hambatan. Oleh sebab itu mempersiapkan fisik dengan matang sangatlah penting.

“Mukmin yang kuat lebih baik dan lebih dicintai Allah daripada mukmin yang lemah” (HR.Muslim, Baihaki, Ibnu Majah)

  1. Harta (Maliyah)

Persiapan yang satu ini bukan berarti Sahabat Gadiza, menyimpan uang lalu membelikan bekal makanan dan minuman ketika bulan Ramadhan berlangsung. Namun lebih ke menyisihkan harta Sahabat Gadiza untuk kepetingan infaq/shodaqoh, zakat fitrah maupun zakat mal bahkan memberi makan untuk orang lain berbuka puasa.

Dengan mengamalkan persiapan diatas semoga amalan dan ibadah Sahabat Gadiza bisa maksimal di bulan Ramadhan.

  1. Bertaubat

Persiapan ‘taubat’sebenarnya isyarat dasar bagi kaum muslim untuk siap dalam menjalankan ibadah di bulan Ramadhan. Jika anda peka terhadap hal ini, anda akan menyadari sebagai muslim yang baik akan selalu memohon ampunan kepada Allah SWT agar suci dari dosa.

Pada poin kali ini mengajarkan memang perlu untuk bertaubat agar menjadi pribadi yang lebih baik, namun jangan salah. Bertaubat tidak hanya ketika bulan Ramadhan. Menggalakan kemaksiatan diluar bulan Ramadhan juga termasuk dosa, jadi lebih baik tetap harus dilakukan setiap saat.

Bagi Sahabat Gadiza, kali ini Gadiza akan merilis produk busana muslim bertemakan Ramadhan. Koleksi Bulan Ramadhan, bisa diakses sebentar lagi. Jangan lupa pantau terus di Instagram dan website kita ya.



Artikel Terkait



Komentar Artikel "5 bekal utama menjelang Bulan Ramadhan"