10 Softskill yang bisa diajarkan kepada anak anda di umur 10 - GADIZA

10 Softskill yang bisa diajarkan kepada anak anda di umur 10

1 tahun yang lalu      TIPS & TRIK

 

Tahukah anda bahwa, anak anda lebih mampu melakukan hal yang luar biasa. Lebih dari yang anda bayangkan. Bahkan ketika anak anda belum memasuki jenjang Pendidikan formal.

Pada era digital yang bertumbuh sangat pesat, seperti saat ini. Berbagai macam cara untuk mengajarkan ketrampilan hidup sangatlah mudah dan menyenangkan, dari bagaimana cara melipat baju, menulis surat sampai membaca peta.

Salah satu perusahan sekuritas online di Amerika Serikat yakni AVG. Terdapat fakta yakni 58% anak-anak rentan umur 3 sampai 5 tahun mampu mengoperasikan smartphone, 15% dari presentase tersebut bisa membuat breakfast mereka sendiri.

Salah satu pendiri perusahaan non-profit Growing Leaders, Tim Elmore berkata “Aku melihat banyak orang tua melakukan apapun untuk anaknya, alih-alih membiarkan mereka untuk mecari cara untuk mempertahankan diri mereka sendiri”. Untuk meningkatkan nilai kepemimpinan yang kuat, mulailah mengajarkan ketrampilan hidup dan arahkan mereka pada jalan yang mengaraha sebagai manusi independent.

 

  1. Mencuci Baju

Saat ini banyak sekali remaja yang akan memasuki perguruan tinggi, namun masih belum bisa bagaimana membersihkan pakaian mereka dengan benar. Jika bunda tidak ingin anaknya menjadi salah satu dari mereka. Mulailah ajarkan mereka pada saat berumur 6 tahun. Jika bunda akan mencuci dengan mesin cuci dirumah, ajaklah buah hati bunda. Biarkan mereka menikmati prosesnya. Apakah bunda cukup kreatif ? maka berikan nama keren bagi mereka nantinya. Seperti pejuang baju bersih, penghancur kotoran atau putri kebersihan. Cukup menarik bukan. Tapi kami menekankan jangan berharap pada kesempurnaan, namun tujuan utamanya adalah agar mereka bisa mencuci sampai dengan prosesnya selesai.

 

  1. Menanam benih tumbuhan

Banyak sekali edukasi sebelum kelas formal bagi anak-anak, yang mengajarkan menanam benih dikelas, bukan bagaimana memindahkan tunas ke kebun. Whitney Cohen, co-author dari buku The Book of Gardening Projects for Kids, berbagi cerita.

 

  • Minta pada anak bunda, untuk menggali lubang yang lebih besar dari lubang tanaman yang ada.
  • Setelah mengambil tanaman dari sebuah pot, pastikan anak bunda lekas mengubur bagian bawah dengan tanah yang gembur.
  • Biarkan anak bunda meyiramnya.
  • Saat Usia 6 sampai 7 tahun, anak anda dapat mengambil benih sendiri, ajarkan mereka membelah bagian tangkai tanaman, dan peras bagian luar tanaman agar keluar tanamannya

 

  1. Membungkus Kado

Pada dasarnya anak suka memberikan hadiah, dan mengarahkan mereka untuk membungkusnya akan membuat mereka lebih bahagia. Pada jenjang Prescholer sudah mampu membantu bunda memotong kertas dan menempelkan isolasi.

 

  1. Memalu Paku
  • Berikan anak bunda palu yang khusus untuk anak-anak. Biasanya banyak tersebar di toko peralatan rumah tangga, pilih yang tidak terlalu berat.
  • Gunakan bongkahan kayu yang tipis seperti pinus. Bunda bisa memegangnya dengan klem, catok atau letakan saja di tanah.
  • Ambil paku dengan kepala yang lebar. Pastikan bunda yang memulai memalu setiap paku di pukulan pertama.
  • Ketika buah hati bunda sudah siap melakukannya sendiri. Bunda bisa mengarahkan memalu melalui sebuah cardboard agar mudah untuk memegang paku. Pastikan anak bunda memegang cardboardnya bukan paku, untuk menghindari jari anak bunda terluka.
  • Ketika sudah ahli melakukannya, coba arahkan anak anda memegang paku.

 

  1. Menulis Surat

Tahukah bunda bahwa, balita sudah mampu menulis surat yang ditujukan kepada anggota keluarganya. Terkadang terlihat lucu karena dipadukan dengan gambar, stempel dan menaruhnya di kotak surat. Bagian penting dari surat yang perlu bunda kenalkan adalah, tanggal, salam, isi surat, penutupan dan tanda tangan.

 

  1. Menyiapkan bekal sederhana

Ajak buah hati bunda untuk ikut membuat bekal, berikan pekerjaan untuk dilakukan dan tetaplah tenang ketika dia menumpahkan tepung atau telur pecah berantakan, ucap Christina Dymock, ibu dari 4 anak penulis dari buku Young Chefs. Bekal sederhana yang mudah biasanya adalah Yogurt dengan taburan buah. Komposisi tersebut akan memudahkan balita untuk makan dan mencuci mangkuk isi yogurt tadi.

 

  1. Navigasi

Apakah bunda pernah tersesat saat menggunakan gps, dengan bantuan panduan suara. Lewat kejadian tersebut bunda akan tahu betapa pentingnya bisa membaca peta. Berikut aktivitas seru yang mampu meningkatkan ketrampilan navigasi anak anda.

 

  • Berburu Harta Karun. Apakah peta terlihat membosankan, tidak jika bunda mencari harta karun. Sembunyikan sebuah mainan favorit anak, dan gambar sebuah sketsa sederhana. Tunjukan kepada buah hati dan lihat responnya.
  • Memimpin Perjalanan. Biarkan buah hati bunda, menunjukan arah tujuan ketika di kebun binatang, musium atau taman hiburan. Seluruh tempat tadi memiliki penunjuk jalan yang menarik dan mudah dibaca.

 

  1. Merawat luka

Ajarkan sejak dini pada anak, untuk tidak takut kepada darah. Jangan terlalu berlebihan pula ketika terdapat darah keluar. Berikan sedikit pengalihan agar anak bunda lupa akan rasa sakit. Berikan sedikit tekanan sampai darah berhenti, berikan sedikit air, oleskan antibiotic dan terakhir pasangkan perban.

 

  1. Membersihkan Kamar Mandi

Jauhkan kain atau spons yang berguna untuk mengelap pasta gigi dari wastafel. Tugas untuk membersihkan toilet membutuhkan ketrampilan yang tinggi. Maka dari itu peran bunda untuk tetap menjaga dan mengayomi sangatlah penting disini. Penggunaan bahan beracun bisa berbahaya bila salah penggunaan.

 

  1. Membandingkan barang belanjaan

Ajarkan buah hati bunda, sebagai konsumen yang cerdas. Dengan 3 pendekatan dibawah ini.

  • Jelaskan kenapa bunda ingin pergi kesini atau kesana. Sebutkan harga dengan jelas dan jelaskan mengapa bunda memilih tujuan tersebut. Ceritakan bunda ingin sebuah barang seperti celana yoga, namun karena harganya masih diluar budget jadi bunda tidak dapat memilikinya saat ini.
  • Biarkan buah hati bunda, membayar bill. Berikan sang buah hati uang saku, lalu biarkan mereka membeli barang yang dibutuhkan.
  • Tantang anak anda. Berikan tantangan kepada sang buah hati ketika berada di pasar. Misal temukan bayam dan cari dengan harga paling murah.

 

 

Sebelumnya




Komentar Artikel "10 Softskill yang bisa diajarkan kepada anak anda di umur 10"